Senin, 26 September 2011

KEADAAN DI SDN. RONGTENGAH 5

SDN. Rongtengah 5 terletak di jalan Merapi Kecamatan Sampang. Dari Monumen Sampang kira-kira 300 meter ke arah timur daya. Untuk menuju ke arah jalan Merapi sedikit naik kira-kira 100 meter dari gang jalan Merapi, kemudian belok ke arah selatan.

Gedung SDN. Rongtengah 5 dibangun di atas hamparan batu, sekitarnya terdapat gua-gua kecil yang perlu diberi pagar pengaman supaya tidak terjadi kecelakaan. Tapi lingkungan sekitarnya cukup indah karena di atas bebatuan tumbuh pohon yang rindang. Pertumbuhan pepohonan tidak cepat besar, karena tumbuh di atas batu sedangkan media tanahnya hanya sedikit. Sehingga nampak seperti bonsai berukuran besar. Hal inilah yang  menjadi  daya  tarik  tersendiri  di  SDN. Rongtengah 5.

Kebersihan dan keindahan sekolah adalah merupakan pendukung untuk merubah situasi pandangan yang menyejukkan hati dan perasaan. Sehingga keadaan menjadi nyaman, menyenangkan, dan menyejukkan. Perlu pengecatan gedung sekolah dan pagar sehingga nampak indah dan warga sekolah merasa senang berada di sekolah.

Tempat sampah perlu disiapkan berada di depan masing-masing kelas, supaya para siswa biasa membuang sampah pada tempatnya. Dan tidak kalah pentingnya adalah keset harus selalu berada di depan pintu kelas, supaya para siswa biasa keset dulu kakinya (sepatunya) sebelum masuk ke dalam kelas, sehingga kakinya (sepatunya) tetap bersih, tidak membawa debu yang melekat pada kakinya ke dalam kelas.

Perlu penanaman pohon yang rindang supaya udaranya sejuk dan teduh. Sedang pohon puring dan pohon bunga bougenville menambah keindahan dan asri. Keindahan bunga bougenville memang tidak bisa diragukan lagi. Warna-warni bunganya menjadi daya tarik tersendiri, karena warnanya yang cerah

Setelah diperhatikan, memang perlu pembenahan-pembenahan di tempat tertentu. Terutama pada musim penghujan. Yang perlu diperhatikan adalah aliran hujan yang mengalir ke arah yang kurang tepat. Hal ini perlu pemikiran dan analisa yang tepat dan akurat, supaya tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran.

Keadaan sekitar sekolah masih alami, dan banyak tumbuhan liar yang tumbuh di atas batu dan dihiasi dengan bentuk-bentuk batu terjal dan datar yang berlubang. Hal ini merupakan ciri khas bebatuan yang ada di sekitar SDN. Rongtengah 5.


Kalau diperhatikan dari sebelah timur belakang sekolah, nampak bagian atap rumah penduduk.
Hal ini menunjukkan bahwa SDN. Rongtengah 5 berada di atas dataran tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar